• admin@soloproperty.com
  • 0858-6969-0119

Membeli Lahan untuk Property

Membeli Lahan untuk Property

Anda bisa membeli lahan secara tunai, Jika anda memiliki uang untuk menjadi developer properti maka langkah anda lebih mudah karena anda tinggal beli tanah kemudian urus perijinan, buat perencanaan, bangun fisik proyek dan pasarkan. Semua itu bisa anda lakukan sendiri, namun bisa juga anda serahkan kepada orang lain. Ya, serahkan sesuatu kepada ahlinya.

Itulah developer properti, lebih banyak mengandalkan kekuatan outsource dalam pelaksanaannya. Anda tidak membutuhkan keahlian teknis untuk sukses sebagai developer properti. Anda tidak dituntut harus pintar ngaduk semen, memasang bata atau menggali dan memasang batu kali di pondasi. Semua itu sudah ada ahlinya, anda hanya dituntut untuk mampu mengelola sumber daya orang lain.

Bisa tawarkan pembayaran bertahap jika anda tidak punya uang

Namun jika anda tidak memiliki uang untuk membeli lahan maka anda jangan berkecil hati karena ada banyak strategi yang bisa anda praktekkan untuk mengakuisisi lahan. Diantaranya menawarkan pembayaran bertahap kepada pemilik lahan.

Dengan pola pembayaran ini, tanah tidak dibayar sekaligus di depan. Pembayaran di depan hanya berupa uang tanda jadi atau uang muka yang besarnya sesuai kesepakatan anda dengan pemilik lahan. Sedapat mungkin sesuaikan dengan kemampuan anda dalam menyediakan uang tunai sehingga anda tidak membutuhkan bantuan uang muka dari pihak lain. Dengan demikian anda tidak terbebani untuk membayar hutang sehingga anda bisa fokus melaksanakan proyek.

Setelah pembayaran uang muka, selanjutnya kewajiban anda adalah membayar harga tanah sesuai dengan tahapan yang disepakati. Biasanya tahapan pembayaran yang disepakati adalah pembayaran per-3 bulan sampai lunas. Tapi ini tidak mengikat, bisa juga pembayaran per-6 atau per-9 bulan.

Kerjasama lahan juga bisa menjadi alternatif

Selain pembayaran secara bertahap, strategi akuisisi lahan yang bisa anda praktekkan adalah menawarkan kerjasama lahan kepada pemilik lahan.

Pada prinsipnya kerjasama lahan sama dengan pembayaran bertahap. Hanya saja pada kerjasama lahan ini pemilik lahan juga berhak mendapatkan laba proyek.

Jadi pemilik tanah mendapatkan harga tanahnya dan keuntungan proyek. Harga tanah dibayarkan secara bertahap sesuai dengan kesepakatan. Pada umumnya pola pembayaran yang disepakati adalah pembayaran bertahap sesuai dengan unit terjual.

Sedangkan keuntungan proyek dibayarkan pada saat proyek sudah selesai, sehingga keuntungan proyek sudah dihitung dan disepakati. Pembagian keuntungan proyek bersamaan dengan pembagian keuntungan proyek yang menjadi hak developer.

About The Author

Solo Property

No Comments

Leave a Reply

HOW TO GET IN TOUCH

CONTACT US


Jika Anda membutuhkan informasi layanan proyek dan jasa pengembang town house, kontraktor, jasa desain arsitek dan jasa manajemen properti. Silahkan hubungi kami atau mengisi form di bawah ini.

Hours:

Mon-Fri 5am – 11pm
Sat-Sun 3am – 8am

Phone:

(+62)-858-6969-0119
(+62)-8812-941-957

Address:

Jl. Sutandiyo 050 Padokan RT02/RW04
Sawahan, Ngemplak, Boyolali, Jateng
57375

SEND EMAIL